Sabtu, 28 April 2012

Akankah Search Engine menggeser Pustakawan!!

 

Search Engine menggeser Pustakawan????


   
                                                                



Vs 

Akankah search engine akan menggeser keberadaan pustakawan????Yukkkk kita coba lihat dulu pengertian dari Search Engine………….

Search engine yang kita ketahui saat ini banyak orang yang menggunakan dan memanfaatkannya untuk mempermudah dalam pencarian sebuah informasi. Jadi dikehidupan saat ini kita tidak asing lagi dengan kata “Search Engine”.
                    Search Engine (mesin pencari) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
 Search Engine merupakan suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. 
                         Cara kerja search engine pertama-tama mencopy paste semua halaman website yang ada di dunia. Setelah data tersebut masuk kemudian diolah dengan algoritmanya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, dengan algoritmanya akan menampilkan data sesuai kategori yang dimasukkan pengguna atau user yang menjalankan. Mesin Pencari akan menampilkan data yang relevan sesuai yang diinginkan pengguna. Sebagai contohnya yaitu Google, yahoo, bing, 4shared dan lain-lain. Sebagian besar mesin pencari yang sering digunakan atau paling popular yaitu Google.
Sudah terlihat jelas dari penjelasan diatas bahwa search engine sebuah alat bantu yang memudahkan kita dalam mencari informasi yang dibuat oleh manusia. Menurut saya search engine mempunyai keuntungan dan kerugian bagi pustakawan. Kerugian yang tampak dari program search engine itu sendiri dapat menggeser keberadaan dari pustakawan karena kegunaan skill atau tenaga dari pustakawan akan berkurang. Perpustakaan akan jarang dikunjungi karena pengguna lebih memilih memanfaatkan search engine (materi-materi yang relevan cepat ditemukan) dibandingkan harus datang keperpustakaan harus mengaduk-aduk buku seperti referensi, jurnal, maupun hasil penelitian.
Akan tetapi adapula keuntungan dari search engine bagi pustakawan yaitu membantu pustakawan dalam mencari informasi yang tidak dapat ditemui dibahan koleksinya karena koleksi yang terbatas.  Sehingga tidak sepenuhnya mesin pencari dikatakan akan menggeser para Pustakawan.
Pustakawan yang pandai dalam dunia internet pasti akan memanfaatkannya seperti menuangkan ilmu atau pengetahuan yang didapatkannya untuk di upload ke internet sehingga dapat bermanfaat bagi penggunanya.Pustakawan juga dapat mengupload koleksi yang dimilikinya seperti :
1.      Mengupload hasil penelitian mahasiswa
2.      Mengupload jurnal-jrnal ilmiah
3.      Mengupload karyanya sendiri melalui blog,dll.
Oleh karena itu keberadaan search engine terhadap pustakawan dapat saling melengkapi.  Asalkan Pustakawan dapat memanfaatkanya dengan baik. Pustakawan harus memperhatikan data yang akan diinformasikan, informasi data harus bersifat relevan sehingga pengguna merasakan puas dengan informasi yang diberikan. itu pendapat saya,,,,, ^_^
posted by: Andrayani Arfian Rosyita D1810004                D3-Perpustakaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar