Rabu, 30 Mei 2012

HUTANKU HARAPANKU




Apa yang muncul di benak Anda apabila mendengar orang berbicara tentang hutan? Tempat yang seram, gelap, banyak binatang buas, atau tempat yang menyenangkan untuki menikmati suasana alam terbuka?
Setiap orang boleh saja memiliki pendapat sendiri-sendiri tentang hutan. Ada yang berpendapat positif, ada pula yang berpendapat negatif. Hal itu tergantung pada sudut pandang yang digunakan.
Apa pun pendapat orang tentang hutan, tak dapat dipungkiri bahwa hutan memiliki peran yang besar bagi kelangsungan hidup manusia. Hutan merupakan sumber mata air. Dengan akar-akar pohonnya, hutan berfungsi menyerap dan menahan air.
Semua hasil hutan dapat kita manfaatkan. Rumah dan perabotan yang kita gunakan merupakan salah satu hasil hutan, yaitu kayu. Di samping itu kayu juga digunakan sebagai bahan pembuat kertas.
Setiap tahun, berjuta-juta pohon di hutan ditebang untuk dijadikan kayu. Akan tetapi, penerbangan yang dilakukan harus dibatasi agar hutan tidak menjadi gundul. Beberapa hal yang dilakukan pemerintah, seperti program tebang pilih tanam, reboisasi, perlindungan terhadap hutan, dan sebagainya. Selain itu, pemerintah pun menghimbau masyarakat lewat poster-poster.
Poster-poster tersebut sangat besar pengaruhnya terhadap kita, yaitu mengingatkan kita agar selalu menjaga kelestarian hutan. Misalnya poster-poster berikut:




Tak terbayangkan bagaimana jadinya bumi ini tanpa hutan. Hutan merupakan paru-paru dunia, yakni penghasil oksigen, udara yang kita hirup secara gratis. Apabila hutan-hutan ditebang secara liar tanpa ada upaya penanaman kembali, maka persediaan oksigen kita pun berkurang. Layaknya paru-paru kita, perlakukanlah hutan dengan baik. Lestarikan demi kelangsungan hidup saya, hidup Anda, hidup kita, serta hidup anak dan cucu kita. Sebab, kalau bukan kita, siapa lagi? 

Go green ppls :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar