Senin, 04 Juni 2012

BENTENG VREDEBURG


          Siapa yang tidak mengetahui benteng vredeburg? Benteng yang mempunyai sejarah yang menarik satu ini, Benteng Vredeburg didirikan pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I atas permintaan Belanda dengan bentuk sederhana pada masa jaman dahulu.

            Dengan dalih untuk menjaga keamanan Sultan, Gubernur Belanda W.H Van Ossenberg mengusulkan agar benteng dibuat lebih permanen.  Dan pada Tahun 1767 benteng mulai disempurnakandan selesai tahun 1787 dan diberi nama “Rustenburg” (benteng peristirahatan). Namun pada tahun 1867 terjadi gempa bumi yang mengakibatkan rusaknya sebagian benteng, dan setelah perbaikan namanya dirubah menjadi “Vredeburg” (benteng perdamaian).
            Secara historis sejak awal berdirinya sampai sekarang telah mengalami pergantian penguasaaan serta fungsi ; sebagai benteng pertahanan VOC/Belanda (1761-1811), markas militer tentara Inggris (1811-1816), markas militer tantara Belanda (1816-1942), markas militer tentara jepang (1942-1945), markas militer Republik Indonesia (1945-1977) dan sejak tahun 1977 dikelola oleh Pemda meskipun secara yuridis formal masih tetap milik Kasultanan.
            Koleksi yang ada dalam benteng tersebut adalah : bangunan benteng itu sendiri, koleksi minirama sejarah perjuangan nasional Indonesia, koleksi realia, replica lukisan dan foto-foto yang terkait dengan perjuangan Bangsa Indonesia di wilayah Yogyakarta.
            Selain indoor, untuk outdoor nya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, yaitu : anjungan, wisata sepeda onthel, hotspot area dan lain-lain. Apalagi lokasinya yang berdampingan dengan Malioboro dan Pasar Beringharjo, membuat pencapaian lokasi benteng sangat mudah sekali.
            Maka alangkah baiknya kita sebagai generasi penerus bangsa menjaga kelestarian budaya dan sejarah bangsa kita ini dan mengerti tentang sejarah museum vedeburg yang terletak di Jogjakarta. Museum ini  bukan hanya sebagai benteng saja, pada saat ini kawasan tersebut sudah menjadi kawasan wisata bagi semua pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar