Sabtu, 02 Juni 2012

Tips Belanja saat Pameran




Pameran? OMG !

Ajang pameran biasanya dimanfaatkan sebagai ajang diskon. Tetapi jangan tergesa-gesa membelanjakan sebelum membaca kiat berikut ini:






1.  Mencari Referensi

melihat-lihat dulu stand yang lain sebelum menentukan pilihan.
Sebelum membeli sebuah produk, lihat tempat atau stand yang lain dulu, bandingkan harga dan produknya.  Baru setelah mendapatkan cukup referensi, putuskan produk mana yang Anda beli. Jika sudah mantap jangan beralih lagi, karena akan menjebak Anda dalam kebingungan.

2.       Teliti Produk
Telitilah saat membeli produk di pamera.anda harus benar-benar teliti dan jeli, lihat keseluruhan barang tersebut. Karena tidak sedikit peserta pameran yang menjual barang reject meskipun selalu disertai dengan keterangan. 
teliti dalam membeli
Tetapi tidak ada salahnya, teliti dulu barangnya sebelum Anda benar-benar membelinya. Seperti pada busana atau tas, terlihat jahitannya, apakah kuat atau tidak. Begitu juuga dengan detail dan aplikasinya, apakah ada yang copot atau sudah sempurna.

3.       Tawar Menawar 
Kejelian Anda pun harus dipraktikkan saat membeli di pameran, karena biasanya pada saat membeli di pameran lebih mahal dari harga biasa. Pastikan bahwa Anda tidak terkecoh dengan harga yang ditawarkan. Jangan segan-segan untuk menawar produk yang Anda incar, karena biasanya peserta memberikan harga selisih.

4.       Cek Harga
Jangan terpengaruh diskon yang ditawarkan, karena diskon tersebut tidak menjamin harga yang Anda dapatkan sudah tepat. Periksa dan cek terlebih dahulu, apakah diskon tersebut memang benar atau harga sudah dinaikkan terlebih dahulu sehingga jatuhnya tetap harga tanpa diskon.

5.       Sesuai Kebutuhan
Bijaksanalah dalam membelanjakan uang Anda. Jangan karena pameran, mata jadi tertutup. Tetapkan pada prioritas kebutuhan Anda. Belilah barang-barang secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

6.     Diskon Khusus
Luangkan waktu di hari penutupan, biasanya peserta pameran terlebih yang dari luar daerah tertentu tidak ingin membawa pulang barang dagangan. Di hari terakhir biasanya ada sale atau diskon khusus yang cukup menggoda dan menguntungkan.

So, buat yang ngaku Shoppaholic, you must read this tips :)
Be a smart buyer guys :D

2 komentar:

  1. Berbelanja itu bukan hobbi lagi tapi kebutuhan nak..
    nanti kalo mbak cici udah rumah tangga sprti tante, pasti juga akan menerapkan apa yang sudh mbak cici tulis , menurut tante ini tulisan bagus nak. Cuma kalau tante ajak mbak cici blanja gak tahu deh masih bisa kepikiran tulisan ini apa ndak hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe yaa setidaknya bikin list apa aja yg mau di blanjain tant :p tar kalo kegoda yaaa, paling tante yg bayar :p

      Hapus