Sabtu, 02 Juni 2012

kenali diri kita :)



RONGGA MULUT? 
Kenalan Yukkk.....





Mulut patut kita kenal lebih baik. Dari luar, rongga mulut dibentuk oleh otot-otot yang membentuk bibir dan pipi. Di dalamnya terdapat gusi, gigi, lidah dan ludah.
Kegunaan mulut yang utama adalah untuk makan. Oleh sebab itu, peranan gigi sangat penting. Makanan dipotong oleh gigi depan, kemudian dicabik-cabik oleh gigi samping. Akhirnya, gigi belakang menghaluskannya.

Tugas gigi tidak dapat digantikan oleh alat pencernaan lain. Jika tidak bergigi, makanan akan masuk ke dalam perut dan usus tanpa dikunyah.

Demikian pula jika gigi tidak lengkap. Makanan yang kurang halus akan masuk ke alat pencernaan yang salah. Akibatnya makanan tersebut mengganggu alat pencernaan yang lain dan menyebabkan perut sakit.

Dalam tugasnya mengunyah makanan, gigi dibantu oleh lidah dan ludah. Ludah embasahi makanan dari dalam. Jadi, gerakan mengunyah akan lebih mudah. Lidah membantu menempatkan makanan supaya dapat dihaluskan oleh gigi belakang. Lidah dibantu ludah serta langit-langit belakang juga berfungsi untuk menyedot dan menelan makanan.

Selain sebagai alat pencernaan makanan, rongga mulut dan isinya masih mempunyai tugas lain. Ketika berbicara dan mengucapkan huruf-huruf tertentu, seperti f, m, n, r, s, t, v,dan w. Peranan bagian-bagian rongga mulut sangat penting.

Bibir misalnya, diperlukan jika kita akan mengucapkan “papa” atau “mama”. Kita juga tidak dapat mengucapkan “Titi” dan “Rini” tanpa menggunakan gigi depan dan lidah, sedangkan “Wiwik” atau “Fifi” kita ucapkan dengan bantuan gigi depan dan bibir.
Mulut dapat juga menggambarkan perasaan kita. Jika sedang gembira kita tertawa dengan mulut kita. Orang di sekirtar pun akan mengetahui dari bentuk mulut kita, apakah kita sedang sedih, marah, kesal, gembira ataupun berpikir keras.
Keadaan rongga mulut beserta isinya yang bersih dan sehat mencerminkan kesehatan kita. Jika rongga mulut  diumpamakan sebuah mesin mobil, maka gusi, gigi dan lidah  adalah suku cadangnya. Sedangkan ludah adalah minyak pelumas yang memperlancar jalannya mesin tersebut.

Supaya mesin tetap berjalan baik, kita harus memeliharanya. Pemeliharaan setiap hari dan perbaikan pada waktu-waktu tertentu sangat diperlukan. Caranya adalah dengan menggosok gigi setiap hari dan memeriksakannya secara teratur ke dokter gigi.

Mulut yang bersih dan sehat meningkatkan kepercayaan diri kita. Tidak percaya? Mari kita buktikan :) ....



Sumber: Gigi, Indra Press, 1984

Tidak ada komentar:

Posting Komentar