Jumat, 01 Juni 2012

Sekilas Tentang Jurnalistik


Sekilas Tentang Jurnalistik

PERS RELEASE...

Apa sih sebenarnya JURNALISTIK itu??

Jurnalistik bisa dibatasi secara singkat sebagai kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu. Jurnalistik mencakup kegiatn dari peliputan sampai kepada penyebaran kepada masyarakat. Berdasarkan media yang digunakan meliputi jurnalistik cetak, elektro, dan belakangan berkembang jurnalistik online.

SEKILAS tentang JURNALISTIK..

check it out..


Karya jurnalistik mulai dibuat sejak zaman mesir kuno yakni ketika peradaban menulis mulai berkembang. Peninggalan karya jurnalistik tertua diperkirakan berusia 1.500 SM berupa manuskrip hieroglypy di daun papyrusdan relief dinding batu di sebuah kota megodo. Jurnalistik sebagai ilmu mulai berkembang sejak abad XV bersamaan ditemukannya mesin cetak oleh Gutenberg.
Di Indonesia, jurnalistik modern mulai menemukan bentuknya sejak era kebangkitan nasional 1908. Namun jauh sebelumnya, telah muncul karya-karya pujangga yang bisa dikatakan sebagai karya juranlistik sebut saja babad. Ada babad Mataram, babad Diponegoro, dan lain sebagainya. Pada era kebangkitan nasioanal media massa dipakai sebagai sarana komunikasi untuk menyebarkan semangat baru pejuang. Media yang lahir ketika itu misalnya Boemipoetra di Jakarta, Peewarta Deli Medan, dan lain-lain.

BERITA..

 
Berita berdasarkan ada laporan mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang terbaru (actual), laporan mengenai fakta-fakta yang actual, menarik perhatian, dinilai penting dan luar biasa. Berita bisa dibedakan menjadi straight news atau berita lempang serta pula disebut sebagai hard news. 
Disamping itu, dikenaljuga jenis berita yang dinamakan fature atau berita kisah. Jenis ini lebih bersifat naratif, berkisah mengenai aspek-aspek insane (human interest). Sebuah “falture” tidak terlalu berkait pada nilai-nilai berita dan fakultas.ada lagi yang dinamakan berita investigasi (investigasi news), berupa hasil pendidikan seorang atau satu tim wartawan secara lengkap dan mendalam pelaporannya.

SUMBER BERITA..


Hal penting lain dibutuhkan dalam sebuah proses jurnalistik adalah pada sumber berita. Ada beberapa petunjuk yang dapat membantu pengumpulan informasi yaitu
1.      Observasi langsung dan tidak langsung
2.      Proses wawancara
3.      Pencarian dan penelitian bahan-bahan melalui dokumen public
4.      Partisipasi dalam peristiwa
Sebuah berita harus memuat fakta yang di dalamnya terkandung unsure-unsur who, what where, why, when dan how.
Dengan itu sebuah berita dapat disajikan dengan lengkap dan memberikan sebuah informasi yang lengkap.

*Diambil dari beberapa Sumber*

1 komentar: